Mahasiswi Universitas Mercu Buana Dampingi UMKM Persamaan Kopi dalam Meningkatkan Brand Awareness

. (foto: dok. pribadi)

JAKARTA – Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Bidang Studi Digital Komunikasi Universitas Mercu Buana melaksanakan Tugas Akhir berupa pengabdian masyarakat secara langsung.

Tim Tugas Akhir Peduli Negeri bekerja dengan melakukan pendampingan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Persamaan Kopi sesuai dengan jobdesknya masing-masing. Persamaan Kopi berlokasi di Jl. Bang Pitung No.2, RT.1/RW.13, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan.

Pada Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) ini mengusung tema “Pendampingan & Pengelolaan UMKM Persamaan Kopi dalam Meningkatkan Brand Awareness” yang dilaksanakan oleh tiga mahasiswi yaitu, Nabilah Rachmayanti (Digital Media Planner), Sephia Kurniawan (Content Creative) dan Nahdah Kamilah (Social Media Analyst).

Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness suatu UMKM yang sudah berjalan dengan memiliki permasalahan, yaitu karena kurangnya branding dan promosi dengan baik di Instagram.

Kegiatan ini berlangsung di UMKM Persamaan Kopi pada Jumat, 15 Maret 2024. Fokus utama kegiatan ini memberikan pendampingan dan pengelolaan oleh pelaku UMKM Persamaan Kopi, dalam memanfaatkan Instagram sebagai platform promosi yang efektif.

Melalui kegiatan ini, UMKM Persamaan Kopi diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam merencanakan konten, membuat konten yang menarik, dan menganalisis konten.

Pada kegiatan tersebut, masing-masing mahasiswi menyampaikan materi yang relevan dengan tema yang berbeda. Materi yang diberikan yakni mengenai Perencanaan Konten yang efektif yang disampaikan oleh Nabilah Rachmayanti, Produksi Konten Kreatif di Media Sosial Instagram yang disampaikan oleh Sephia Kurniawan, dan menyampaikan materi mengenai bagaimana Meningkatkan Engagement Melalui Analisis Konten oleh Nahdah Kamilah.

Selain itu, Tim TAPN memberikan pelatihan sebagai bentuk implementasi berdasarkan materi yang telah diberikan kepada pelaku UMKM Persamaan Kopi dengan harapan dapat berguna untuk kedepannya.

Setelah melakukan pendampingan, Tim TAPN telah melakukan banyak aktivitas promosi dengan pembuatan konten kreatif di media sosial Instagram. Tentunya UMKM Persamaan Kopi bersyukur atas pendampingan yang telah diberikan oleh Tim TAPN.

Pemilik Persamaan Kopi berharap kegiatan yang dilakukan oleh tim TAPN dapat dilanjutkan dan lebih sering untuk melakukan promosi dengan konten yang menarik di Instagram.